Minggu, 12 Desember 2010

Olahraga Bola Sodok

Olahraga bola sodok alias biliar sudah bukan lagi monopoli sekelompok orang. Berkat promosi yang gencar, tayangan-tayangan pertandingan biliar yang kerap di televisi, olahraga ini pun kini mempunyai banyak penggemar. Kian banyak orang yang menjadikan biliar sebagai hobi, kian populerlah olahraga ini.

Di Palembang, pehobi biliar tidak pernah kesulitan mendapatkan tempat untuk menyalurkan kesenangan mereka. Dari mulai kelas kampung hingga kelas jetset, semua ada diPalembang. Nah, bagaimana dengan di kota-kota lain?
Meski tidak sepesat perkembangan di ibu kota dalam sarana, Palembang ternyata tidak juga diam menyaksikan geliat antusiasme pehobi biliar.

Ada beberapa hal yg menarik daripada olahraga billiard ini, selain melatih ketangkasan, juga melatih strategi dan logika. Bola yg akan kita masukkan ke lubangnya, perlu perhitungan juga agar berhasil, untuk membuat arah bola yg tepat kita perlu membuat perhitungan sudut , tenaga pukulan dan kecepatan moment bola tsb,Menarik juga bola yg akan kita tembak, bisa jadi tak masuk ke lubangnya, tapi menghantam bola lainnya, sehingga bisa jadi malah bola lain yg tak diperkirakan sebelumnya yg malahan masuk.

Dalam bermain billiard bola yg kita sodok akan mendorong bola lain atau memantul pada dinding meja, strategi pantulan bola adalah salah satu teori dasar nya. Tambah keras kita menyodok , akan keras juga pantulannya, begitu juga sebaliknya.

Dalam permainan Billiard, ada juga jenis permainan billiard yg disebut dg istilah 9 bola ( nine ball ), hanya ada 9 bola yg disodok dari nomer terkecil sampai terbesar, yg pertama memasukkan bola 9 lah yg menjadi pemenang nya. Bisa jadi ada pemain yg bisa memasukkan semua bola, tapi kalau lawan nya bisa memasukkan bola no 9, ialah yg jadi pemenang...

1 komentar:

  1. bagi yang gemar akan olah raga ini teruslah latih potensi anda dan tetap menikmati hobby akan olah raga bola billiard....

    BalasHapus